Rabu, 07 Desember 2011

Cara Mencegah Perilaku Seks Bebas di Kehidupan Remaja

Adanya kasih sayang, perhatian orang tua dalam hal apa pun serta pengawasan yang bersifat tidak mengekang.

Salah satu faktor terbesar yang mengakibatkan Remaja terjerumus ke dalam perilaku seks bebas adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Perilaku seka bebas pada remaja saat ini sudah cukup parah. Peranan Agama dan Keluarga sangat penting untuk mengantisipasi perilaku Remeja tersebut. Tanpa adanya bimbingan maka Remaja dapat melakukan perilaku yang menyimpang. Untuk itu, diperlukan adanya keterbukaan antara orang tua dan anak.

Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi.

Pada usia Remaja, mereka selalu mempunyai keinginan untuk mengetahui, mencoba dan mencontoh segala hal. Seperti dari media massa dan elektronik yang membuat remaja seringkali terpicu untuk mengikuti seperti yang ada pada tayangan tersebut. Oleh karna itu, diperlukan adanya pengawasan dalam hal tersebut.

Menambahkan kegiatan positif di luar sekolah.

Selain menjaga kesehatan tubuh, kesibukan di luar sekolah seperti olahraga dapat membuat perhatian mereka tertuju kearah kegiatan tersebut. Sehingga, memperkecil kemungkinan bagi mereka untuk melakukan penyimpangan seks bebas.

Perlu dikembangkan model pembinaan yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi.

Perlu adanya wdah untuk menampung permasalahan reproduksi remaja yang sesuai dengan kebutuhan. Informasi yang terarah baik secara formal maupun informal yang meliputi pendidikan seks, penyakit menular seks, KB dan kegiatan lain juga dapat membantu menekan angka kejadian perilaku seks bebas dikalangan remaja.

Perlu adanya sikap tegas dari pemerintah dalam mengambil tindakan terhadap pelaku seks bebas.

Dengan memberikan hukuman yang pantas bagi pelaku seks bebas, diharapkan mereka tidak mengulangi tindakan tersebut.




http://www.berbagaihal.com/2011/03/mencegah-prilaku-seks-bebas-pada-remaja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar